Berikut ini adalah 20 kualifikasi penting yang ditetapkan oleh perusahaan untuk para calon karyawannya :
1. Kemampuan Komunikasi
2. Kejujuran/Integritas
3. Kemampuan bekerja sama
4. Kemampuan interpersonal
5. Beretika
6. Motivasi/Inisiatif
7. Kemampuan beradaptasi
8. Daya Analitik
9. Kemampuan komputer
10. Kemampuan berorganisasi
11. Tekun
12. Kepemimpinan
13. Kepercayaan diri
14. Ramah
15. Sopan
16. Bijaksana
17. Indeks prestasi (IP >= 3,0)
18. Kreatif
19. Humoris
20. Kemampuan berwirausaha
ke-20 kualifikasi diatas merupakan hasil survey dari National Association of College and Employee (NACE, USA 2002) terhadap 457 pimpinan perusahaan.
Nah, bagaimana? apakah anda sudah memenuhi kualifikasi diatas? Jika belum sebaiknya anda melatihnya dari sekarang, khususnya bagi anda yang ingin go international alias kerja di luar negeri.