Selasa, 30 Desember 2008

4 Langkah Mudah Mengembangkan Ide menjadi Sebuah E-book

1. Jika anda memiliki sebuah ide, segera tuangkan ide anda tersebut dalam bentuk tulisan atau bisa juga media yang lain. Pokoknya, tujuannya disini adalah supaya anda tidak lupa dan tentunya memudahkan anda untuk mengembangkannya di lain waktu.

2. Setelah ide tersebut anda tuangkan ke dalam tulisan, sekarang saatnya bagi anda untuk mengumpulkan informasi yang berhubungan dengan ide anda. Anda bisa melihat referensi di buku, surat kabar, atau kalo mau yang paling lengkap ya di internet....

Karena di internet info apapun yang ingin anda cari pasti tersedia. Anda cukup mengetikkan kata yang berhubungan dengan ide anda di search engine (cth : google, yahoo, msn search,dll). Nah dari hasil pencarian yang bejibun itu, anda tinggal memilah-milah yang mana yang paling sesuai dan cocok dengan kebutuhan anda (yang paling cocok dengan ide yang ingin anda kembangkan).

3. Setelah anda mengumpulkan info / referensi yang anda butuhkan, saatnya menulis dan mengembangkan ide yang tadi sudah anda buat di poin 1. Pada awalnya, jika anda tidak terbiasa membuat suatu tulisan mungkin akan terasa sulit. Rasanya untuk menulis sebuah kalimat aja susahnya amit-amit. Tetapi maju terus pantang mundur, jalani saja karena sulitnya hanya terasa di awal saat anda mulai menulis pengembangan dari ide anda. Setelah anda menulis kata demi kata, baris demi baris selanjutnya akan terasa mudah. Tangan anda akan terasa mengalir begitu saja (lebay banget ya ^-^), kata demi kata akan bermunculan begitu saja.

4. Setelah ide tersebut berhasil dikenbangkan dan ditulis ke dalam bentuk e-book tidak serta merta kerjaan anda selesai. Anda perlu mengetahui kelebihan dan kekurangan dari e-book anda dengan meminta saran dan kritik dari orang lain karena pendapat orang lain tentu lebih subyektif dibandingkan diri sendiri. Anda bisa meminta saran kakak, adik, atau teman anda yang sekiranya sesuai dengan market dari e-book anda. Setelah anda mendapat cukup banyak masukan, anda tinggal mengedit e-book anda. Setelah e-book tersebut anda revisi, barulah e-book tersebut anda publikasikan. Jreeng, inilah saat yang paling mendebarkan. Adrenalin anda semakin meningkat, keringat mulai bercucuran (duh, didramatisir banget..he..he). Inilah judgement day apakah e-book anda diminati orang banyak atau tidak. Anda bisa melakukan promosi di iklan baris, forum diskusi, milis atau media lain yang ada banyak di internet (tentunya yang dicari pasti yang gratisss..^-^)

5. Lho, kan judulnya cuma 4 langkah kok ini ada yang ke-5?? tenang aja bos ini cuma tambahan tapi juga yang terpenting. Setelah anda melakukan poin ke-1 s/d poin ke-4. Hal terakhir yang perlu anda lakukan adalah berdoa. Hah, gak salah nih? Yup, ini gak salah. Karena yang menentukan berhasil tidaknya usaha kita adalah yang di Atas. Kita hanya bisa berusaha keras semaksimal mungkin.