Sabtu, 27 Desember 2008

Silaturahmi, Membentuk Anak Luwes

Silaturahmi, membentuk anak luwes. Sering-sering mengajak anak silaturahmi ke rumah saudara, kenalan, sahabat, tokoh masyarakat atau agama merupakan hal yang amat berguna. Asalkan kehadiran anak-anak itu tidak mengganggu kegiatan atau orang yang akan kita kunjungi.

Silaturahmi seperti itu diharapkan bisa membuat hubungan anak lebih akrab dengan orang-orang yang dikunjungi. Anak yang sering diajak bersilaturahmi kelak dapat menjadi anak atau orang yang bersikap luwes (mudah bergaul) ketika berhubungan dengan siapa saja.

Berikut sejumlah manfaat lain dari kegiatan silaturahmi bagi anak :

- Mendapat pesan Positif
Bagi anak yang sudah cukup besar, ia sering mendapat petuah atau nasihat dari orang yang dikunjunginya. Atau paling tidak, ia mendapat pesan-pesan positif seperti menjadi anak yang baik, rajin belajar, serta menyayangi adik atau kakanya. Meski itu diucapkan dengan basa-basi, manfaaatnya buat anaktetap ada. Pesan-pesan itu terkadang membekas di hati.

- Studi Banding
Dengan bersilaturahmi bisa dikatakan anak melakukan studi banding. Banyak hal yang bisa diajarkan dari keluarga yang kita kunjungi kepada anak kita. Misalnya, ketika berkunjung ke rumah famili yang anaknya rapi mengatur mainannya, kita bisa mengingatkan kepada anak kita untuk melakukan hal yang serupa.

- Rekreasi
Silaturahmi bisa dijadikan ajang rekreasi bagi anak. Anak akan mendapat pengalaman berharga, baik selama perjalanan maupun ketika sudah sampai di rumah yang kita tuju.


(sumber : intisari)