Sabtu, 13 Desember 2008

Berwirausaha? Siapa takut..part1


Di saat krisis global saat ini, banyak perusahaan besar yang mem-PHK karyawannya dalam skala besar..Hal ini tentunya menyebabkan jumlah pengangguran yang semakin meningkat. Saat seperti ini kita dituntut untuk lebih pandai dalam melihat peluang yang ada. Bagaimana caranya? kita bisa membangun usaha sebagai alternatif jitu menyiasati tingginya pengangguran.

Berwirausaha dahulu sering dilihat sebelah mata, tetapi saat ini berwirausaha justru merupakan salah satu alternatif yang tepat mengingat terjadinya krisis global menyebabkab penyerapan tenaga kerja yang berkurang sedangkan jumlah tenaga kerja terus meningkat. Peluang menjadi seorang wirausaha jauh lebih besar daripada menjadi karyawan.

Berwirausaha bisa dimulai dari yang disukai (hoby), dari yang anda kita kuasai (mis:anda bisa merakit komputer, atau anda bisa dan memahami cara bermain gitar.Hal-hal tersebut bisa dijadikan start awal anda untuk memulai wirausaha). Mulailah dari jaringan/network yang anda miliki, mis:anda buka usaha perakitan komputer terus anda bilang ke teman anda, "eh, gue ada usaha rakit komputer nih kalo lw mau bikin komputer sama gue aja".

Mungkin saja teman anda akan mempromosikan usaha anda ke temannya yang lain. Hal ini lebih mudah dilakukan ketimbang anda mempromosikan usaha anda ke orang-orang yang belum anda kenal. Nah, bagaimana? ternyata untuk memulai berwirausaha tidak terlalu sulit kan..wirausaha? siapa takut..